Home Daftar Isi

Abdul Cholik

Abdul Cholik, adalah nama pemberian nenekku, almarhum Hj.Fatimah sepulang beliau dari menunaikan ibadah haji. Tentu saya bangga menyandang nama indah yang artinya Hamba Sang Pencipta. Nama ini juga sering menduduki ranking pertama pada absensi disekolah. Selalu disebut pertama ketika guru meng-absen kami.

Jika ada hal yang agak merepotkan dengan nama ini hanyalah pada saat saya berada di counter imigrasi- bandara luar negeri. Beberapa petugas imigrasi selalu memeriksa dengan cermat pasport,visa dan fotoku, lalu berkali-kali melihat wajahku yang ganteng ini. Hal ini terjadi terutama paska peristiwa 11/9.

Tampaknya mereka harus berhati-hati jika menemui nama yang agak berbau padang pasir. Itu tidak saja terjadi di Amerika tetapi juga di Singapura dan Ukraina.

Saya dilahirkan disebuah desa, diwilayah kabupaten Jombang-Jawa Timur. Jika ada yang sama dengan tanggal kelahiran saya-kecuali tahunnya-itu adalah mendiang Ibu Tien Soeharto. Makanya setiap bulan Agustus-saat hari ulang tahun, saya menyempatkan makan malam bersamaan waktunya dengan keluarga Cendana yang sedang memotong tumpeng ulang tahun ibunda yang anggun itu.

Saya mulai hijrah dari desa saya ketika masuk STM jurusan mesin di Surabaya. Itu adalah pertama kalinya saya berpisah dengan orang tua. Awalnya agak berat hidup dikota besar, apalagi tidak bersama orangtua. Saya yang biasa bermanja ria, terpaksa harus mulai menyesuaikan diri dan bisa mandiri. Saya selesaikan STM tepat pada waktunya, tahun 1970.

Hidup dan kehidupan menjadi berubah ketika saya masuk Akabri Darat. Saya yang sebelumnya tidak boleh tersentuh nyamuk sedikitpun, kata emak kala itu- harus mengikuti kuliah dan latihan kemiliteran yang cukup berat selama 4 tahun. Saya dan orang tua hanya bertemu selama seminggu setiap 6 bulan dan 30 hari pada setiap akhir tahun akademi. Akhirnya pada tahun 1974, bulan Desember, saya dilantik sebagai Perwira oleh Presiden Soeharto. Saya pulang dengan penuh kebanggaan, berpakaian dinas, lengkap dengan baret biru karena saya masuk di Corps Polisi Militer. Jika emak membaca kesan-kesan saya di Buku Kenang-Kenangan Taruna Akabri 1974 pasti akan terharu. Dibuku bersampul hijau saya tulis sebuah kalimat berbunyi : ” Saya ingat ibu menangis sedih ketika melepas kepergianku ke Lembah Tidar. Tetapi saya lebih ingat manakala ibu menangis bahagia ketika aku pulang dengan tanda pangkat balok emas dipundakku “

Saya menempati pos penugasan pertama di Balikpapan-Kalimantan Timur, itu berlangsung selama 12 tahun. Isteri saya Anita Purwati melahirkan anak-anak kami dikota itu.

Perjalanan karier lumayan lancar. Berbagai jabatan telah saya alami, baik sebagai komandan, perwira staf maupun sebagai guru militer. Sepanjang perjalanan karier saya, berbagai pendidikan militer, baik didalam maupun diluar negeri juga telah saya ikuti. Setelah dinas di lingkungan Corps Polisi Militer, saya mendapat mutasi ke Departemen Pertahanan. Di Departemen Pertahanan inilah saya menduduki suatu jabatan yang mengurusi kerjasama luar negeri. Pada jabatan yang cukup bergengsi ini saya mendapat promosi kenaikan pangkat sebagai Perwira Tinggi -bintang satu.

Kini saya sudah purnawirawan setelah mengabdi kepada negara selama 32 tahun lamanya. Saya tinggal di Surabaya bersama isteri dan dua keponakan saya. Anak saya yang pertama-Eny Indah Agustiani- telah menikah dengan anggota Polri dan memberikan 2 cucu kepada saya. Sedangkan adiknya, Sandy Yustisia Putri yang dinikahi anggota Polisi Militer menambah koleksi cucu satu lagi.

Alhamdulillaah, begitu besar karunia Allah Swt kepada saya.

Seorang anak desa, tidak selalu harus terus hidup didesa. Dengan menuntut ilmu secara sungguh-sungguh, bekerja dengan sebaik-baiknya, minta restu orang tua dan bersandar kepada Allah swt, Insya Allah akan sukses.

Tentang Blog.

Awalnya saya tetap menggunakan namaku sebagai title blog, karena ini memudahkan saya dan mengajak pengunjung untuk mengingat nama ini. Saya bisa saja menggunakan nama The Golden Star, Gludhug Ijo, atau nama-nama lainnya.Tetapi tentu orang akan bertanya “Siapa sih pemilik blog Gludhug Ijo itu?”. Nah,daripada terlalu banyak pertanyaan maka nama saya adalah nama blog saya. Namu atas saran dari beberapa sahabat akhirnya saya menyerah dan mengganti nama blog ini menjadi BlogCamp yang merupakan singkatan dari Blog Campusari karena isinya tentang apa saja.

Blog ini tidak terpaku pada satu atau dua tema. Apa yang saya lihat, saya dengar, saya rasakan dan saya ingat akan meluncur dari otak ke blog ini. Saya juga tidak akan mengemas semua ide, gagasan atau cerita dalam bentuk artikel yang berat-berat. Tulisan dengan bahasa sederhana, ada sentuhan humor dan slengekan didalamnya, akan menjadi gaya blog ini.

Dengan ngeBlog saya bisa menyalurkan hobby menulis. Dengan ngeBlog teman saya semakin banyak. Dengan ngeBlog itu pula hidup saya semakin berwarna-warni.

Beberapa blog yang saya kelola hingga saat ini adalah sebagai berikut :

BlogCamp, Outdoor Recreation, Travel and Tourism, Baby Products, Sport and Outdoor, Wedding Gifts, Successful Business, Writing Tips, Cook With Buddies, Celebrity News, Yoga n Fitness, Equipment, Movie-Music-Game,Communication and Electronic, Flora and Fauna , Love Gifts , Healthy Life , Amazing Guys , Healthy Food, Job and Career Vacancy , Job Vacancies Info , Job News , Jobs Info , Cahaya Bening , Plesiran

Sahabat dapat berkomunikasi dengan saya antara lain melalui jalur dibawah ini :

  • Follow Abdul Cholik on Twitter
  • Connect with Abdul Cholik on Facebook
Saya tulis profil saya dan blog ini bukan untuk pamer tetapi sebagai pendorong semangat bagi anak, keponakan, cucu dan mungkin juga para pengunjung blog ini. Terima kasih Tuhan atas karunia-Mu.

Terima kasih bapak, ibu, isteri, anak-anak , para menantu dan cucu-cucuku. Kalian semua adalah sumber semangatku.

Terima kasih atas kesabaran para sahat membaca artikel ini.

Salam hangat dari Surabaya.

Website : http://abdulcholik.com/


Share On:

Artikel Terkait ,

No comments:

Post a Comment