Home Daftar Isi

Muhammad Ilham

Bismillahirrahmanirrahim ...
Saya, Muhammad Ilham, adalah seorang muslim yang mengakui kepelbagaian aliran pandangan dan mazhab. Ahlussunnah wal Jamaah (Sunni), Syiah, Wahabi-Salafiah, Sufi adalah saudara kita seagama. Kita menyembah Allah SWT. dan memiliki nabi yang mulia "Muhammad SAW", Rasulullah junjungan ummat. Kita juga wajar saling meminjam kebaikan atau kekuatan sesama muslim, demi memantapkan ummah.
Musuh kita hari ini adalah kebodohan, kemiskinan dan kurangnya solidaritas dan soliditas sesama Muslim. Dan .... "JIKA dadamu bergetar melihat ketidakadilan, MAKA engkau adalah saudara seperjuanganku"

Ketahuilah, bahwa yang terpenting bukan hanya "bagaimana belajar sejarah", melainkan "bagaimana belajar dari sejarah". Pada masa lalu, Soekarno, menegaskannya dengan istilah: "Jasmerah" (Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah). Bahkan, seorang Cicero begitu menghargai sejarah dengan menyebutnya sebagai "Historia Vitae Magistra" (Sejarah adalah Guru Kehidupan), sedangkan Castro berteriak dengan lantang di pengadilan: "Historia Me Absolvera !!!" (Sejarah yang akan Membebaskanku!!!). Haruskah kita menyingkirkan sejarah?

Articles from Muhammad Ilham:

Optimisme (Jelang) 2012 - Published 27 Desember 2011

Tahun 2011 akan berakhir dan 2012 pasti akan jelang dan datang. Waktu terus berputar, sebuah sunnatullah yang memang tak akan pernah berhenti. Perubahan terus terjadi, dalam segala bentuk dan dinamikanya. "Perubahan adalah sesuatu yang abadi dan pasti", demikian kata seorang filosof barat yang saya lupa namanya. Begitu banyak persoalan-persoalan selama tahun 2011 yang membuat kita serasa tidak optimis menghadapi tahun 2012...
readmore

Share On:

Artikel Terkait ,

No comments:

Post a Comment