Home Daftar Isi

Antara Bing dan Google

Author: SEO Bali 

Meskipun sampai saat ini Google masih sangat mendominasi, porsi Bing perlahan tapi pasti terus membesar.
 Jadi jika website anda belum memiliki ranking yang baik di search engine Bing, mungkin anda sebaiknya mulai mengambil ancang-ancang. Di pasar Amerika Serikat penguasaan pasar Bing masih di bawah 10%, jauh dibandingkan dengan Google yang menguasai lebih dari 70%. Jadi hitung-hitungan matematis “bodoh”-nya, jika website anda memiliki ranking Bing sama baik dengan ranking Google anda akan mendapat peningkatan volume penjualan sebesar hampir 15%. Mungkin memang kecil, tapi tidak cukup kecil untuk diabaikan. Apalagi kalau ternyata porsi pasarnya terus meningkat.

Masalahnya masing-masing search engine memiliki algoritma yang berbeda. Dengan membandingkan hasil pencarian untuk keyword yang sama andara Bing dan Google.com kita bisa dengan mudah melihat bahwa hasil pencarian antara kedua search engine tersebut sangat berbeda. Tidak jarang kita melikat fenomena yang bertolak belakang, website yang memiliki ranking bagus di Google ternyata rankingnya buruk di Bing, dan sebaliknya website yang memiliki ranking bagus di Bing ternyata ranking Googlenya buruk.

Apa sajakah yang menjadi faktor penentu ranking di Bing sehingga hasil pencariannya menunjukkan perbedaan yang mencolok dengan Google? Jawaban atas pertanyaan ini memungkankan kita mengarahkan dimana kita ingin website kita memiliki ranking yang baik, Google, Bing, atau malah kedua-duanya.

  • Analisa membuktikan bahwa Google lebih memperhatikan konteks semantik pada konten sementara Bing lebih memperhatikan elemen-elemen on-page SEO seperti adanya keyword dengan, internal link dengan anchor text yang mengandung keyword, serta masalah kanonikal seperti dengan www atau tanpa www. Pastikan anda memperhatikan kesempurnaan elemen-elemen on-page jika anda menginginkan ranking yang baik di Bing.
  • Tidak seperti Google, Bing tidak terlalu memperhatikan umur domain, jumlah halaman yang terindeks, dan lokasi geografis server yang dipergunakan oleh website.
  • Bing memiliki penekanan lebih tinggi akan pentingnya keyword pada nama domain. Harus diperhatikan bahwa disini penekanannya pada memiliki penekanan lebih tinggi, artinya tidak berarti Google tidak memperhatikan, tetapi tingkat perhatian Bing jauh lebih tinggi. Anda bisa mencoba sendiri dengan melakukan pencarian untuk keyword yang persis sama pada Google.com dan Bing kemudian memperhatikan domain-domain yang muncul pada masing-masing SERP (search engine result page).
  • Kualitas link bagi Google merupakan kombinasi yang rumit mencakup diantaranya kualitas sumber link serta relavansi kontekstual antara website sumber, halaman sumber, dan website kita sendiri. Sementara Bing melihat dengan cara yang lebih primitif, anda cukup memperhatikan bahwa anchor text dari semua link menuju website anda menggunakan keyword sebagai anchor text-nya.
Perlu dicatat bahwa tip-tip di atas disusun berdasarkan algoritma Bing saat ini. Sebagai search engine yang “baru” tentu Bing terus menyempurnakan algoritmanya sehingga tip-tip di atas mungkin tidak berlaku lagi. Seperti semua hal dalam SEO, kita memang harus terus menerus memantau pergerakan search engine.

Share On:

Artikel Terkait ,

No comments:

Post a Comment