Home Daftar Isi

Benarkah Popularitas SEO Sudah Menurun?

Seiring dengan kompetisi yang semaking ketat, mendapatkan ranking yang baik di search engine untuk kata kunci yang relevan semakin lama semakin sulit. Kisah sukses yang semakin langka dan kisah kegagalan yang semakin banyak membuat banyak pebisnis mulai skeptis terhadap SEO. Situasi semaking buruk dengan banyaknya konsultan SEO karbitan yang berusaha mengail sedikit rejeki dari ketidaktahuan orang dengan menjual ketidaktahuannya sendiri.

Saya sudah bergerak di bidang SEO lebih dari 10 tahun dan punya banyak pengalaman berhubungan dengan banyak perusahaan besar dan kecil. Dengan pengalaman saya, tentu saya punya pandangan sendiri mengenai manfaat dari meningkatkan ranking sebuah website di search engine dan keuntungan komersial yang bisa dihasilkannya.

Bagi sebagian orang, Search Engine Optimization (SEO) seperti tuyul, mendatangkan uang tanpa kita harus mengeluarkan banyak uang dan bekerja ekstra keras. Mereka dalam kelompok ini adalah yang cukup beruntung telah menerapkan strategi dan upaya SEO yang benar, atau setidaknya didampingi konsultan SEO yang hebat. Sayangnya kebanyakan orang tidak seberuntung mereka. Sehingga munculah generalisasi yang muncul dari pengalaman buruk yang umumnya justru terjadi karena strategi dan implementasi yang salah atau kurang lengkap.

Industri apapun mempunyai pemain dengan berbagai tingkat pengetahuan, keterampilan, keahlian, dan pengalaman. Kemudahan publikasi online memungkinkan semua orang yang memiliki komputer dan akses internet mempromosikan diri meskipun sesungguhnya tidak memiliki keahlian yang memadai. Persoalan ini bukan hanya terjadi di sisi penyedia jasa, tapi juga perusahaan yang menyewa jasa mereka. Kebanyakan kesepakatan konsultasi SEO gagal karena ketidak mampuan salah satu atau kedua pihak. Tidak semua perusahaan konsultan SEO memiliki keahlian yang mumpuni. Tidak semua pejabat perusahaan punya pengetahuan cukup untuk mengambil keputusan yang tepat ketika berhadapan dengan konsultan SEO.

Berikut beberapa fakta yang menunjukan bahwa pandangan skeptis terhdap SEO adalah sesuatu yang harus disingkirkan. SEO diyakin merupakan metode pemasaran yang sangat efektif dan efisien, sehingga kegagalan bukan harus dihadapi dengan sikap skeptis tapi justru dengan upaya menemukan pendekatan yang benar.

Hasil survey mengenai teknik pemasaran digital berikut yang dilakukan oleh TopRank berikut menempatkan SEO pada peringkat ketiga. Tentu mereka yang memilih SEO dalam survey tersebut bukan kelompok yang skeptis dengan SEO.




Statistik berikut menunjukan perkiraan pertumbuhan pengeluaran untuk pemasaran melalui mesin pencari sampai tahun 2013. Data yang dilansir oleh eMarketer ini menunjukan bahwa SEO memiliki tingkat pertumbuhan yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode-metode lainnya. Jika anda tutup mata saja dan mengikuti kemana uang mengalir maka dengan mudah anda tahu kemana harus menginvestasikan tenaga, waktu, dan uang.




Data SEMPO State of Search Marketing survey berikut memperlihatkan bahwa SEO berada di papan atas metode pemasaran dengan ROI terbaik. Data ini berbicara sangat jelas. Ribuan usaha mendapatkan peningkatan pendapatan yang signifikan dengan pengeluaran yang sangat minim, melalui SEO.



Jika ROI masih kurang meyakinkan, mungkin sebaiknya anda melihat hasil Ad Effectiveness Survey 2009 yang dilakukan Forbes yang menempatkan SEO pada posisi teratas taktik online marketing yang paling efektif mendatangkan sales conversion. Apa itu sales conversion? Perubahan kunjungan ke sebuah website menjadi




Masih berfikir skeptis dengan SEO? Di Amerika Serikat milyaran dollar dibakar untuk pemasaran melalui search engine, dimana bagian cukup besar mengalir ke SEO. Para pelaku menyatakan SEO merupakan taktik yang paling efektif dalam hal konversi, dan secara jangka panjang berfikir untuk membenamkan lebih banyak uang. Mereka yang skeptis dengan SEO rasanya koq nggak rasional.

Kita semua bisa merencanakan dan mengimplemenasikan SEO baik dengan memiliki tim SEO sendiri maupun dengan menyewa jasa konsultan SEO, tergantung keadaan. Kombinasi keduanya juga bisa dilakukan. Apapun pendekatan yang dipilih, pembelajaran terus menerus, pengujian, dan pengawasan, sangat penting untuk dilakukan secara terus menerus.

Selama website kita menjual sesuatu yang bisa dicari orang melalui search engine, selalu ada celah meningkatkan penjualan melalui SEO. Membuat website yang menarik bagi pengunjung berbeda dengan membuat website yang menarik bagi pengunjng sekaligus mendatangkan mereka melalui search engine. Keahlian SEO akan selalu diperlukan. Tidak ada industri yang sempurna. Jumlah yang gagal selalu lebih banyak daripada jumlah yang sukses.

Share On:

Artikel Terkait ,

No comments:

Post a Comment