Author : SEO Bali
Banyak perusahaan selain online juga beroperasi secara offline sehingga selain website dengan orientasi pasar global, kita juga perlu memperhatikan kebutuhan lokal.
Ketika kita bicara SEO, website kita juga perlu mencakup keyword lokal. Selain itu kita perlu memperhatikan beberapa strategi SEO off-page untuk mendapatkan manfaat maksimal dari pencarian lokal, termasuk memperhatikan kemungkinan adanya review negatif yang mungkin akan mempengaruhi penjualan kita di pasar lokal meskipun dari sisi ranking cukup baik.
Jadi saat kita bicara pasar lokal dinini, yang dimaksudkan bukan Pasar Kramat Jati di Jakarta, Pasar Klewer di Solo, Pasar Bringharjo di Jogja, atau Pasar Badung di Denpasar. Kita bicara pasar online untuk lingkup lokal, penduduk Indonesia yang membeli produk kita melalui website. Mungkin juga tidak sampai membeli tapi tertarik untuk membeli setelah menemukan website kita – mungkin melalui search engine – kemudian datang ke toko kita dan membeli secara offline.
Tergantung produk yang kita tawarkan, potensi pasar online lokal bisa jadi sangat besar, malah mungkin lebih besar dari pasar global. Karena itu penting untuk memasukan pasar lokal dalam strategi SEO kita. Pemain-pemain online yang sukses umumnya selalu memperhatikan pasar lokal ketika mereka lerancang strategi SEO-nya.
Potensi pencarian lokal terus berkembang. Dulu memang hasil pencarian search engine sama untuk semua belahan dunia, tapi search engine masa kini memahami bahwa bagi orang yang yang tinggal di Inggris, mendapatkan penjual yang berada di Inggris dari hasil pencarian melalui search engine, akan jauh lebih bermanfaat. Karena itu search engine mulai memperbaharui strateginya, sekarang search engine mulai memasukkan lokasi ke dalam algoritma mereka. Search engine cenderung untuk mendahulukan hasil pencarian lokal daripada global. Hal kecil tapi strategis ini penting untuk dicatat, website lokal memiliki kesempatan lebih baik di pasar lokal.
Untuk usaha-usaha dengan fokus lokal, pasar lokal harus didekati daru dua sisi. Yang pertama tentu adalah mendapatkan ranking yang baik pada search engine untuk keyword target kita. Caranya secara garis besar sama dengan teknik SEO pada umumnya. Hal kedua adalah memantau dan mengelola review yang bertebaran di internet, biasanya melalui portal komunitas atau forum.
Review online punya karakteristik tersendiri dimana kebanyakan review lokal ditulis anonim, dan kita tidak pernah tahu kapan dan di website mana review tentang produk kita atau tentang website kita akan muncul. Orang cenderung mempercayai review online ini, dan karena itu review negatif bisa membuat sukses SEO kita sia-sia, jadi kita harus sangat hati-hati dalam memperlakukannya. Tapi ada sisi positifnya, kita bisa dengan mudah memberikan tanggapan dan penjelasan terhadap review yang negatif.
Review yang negatif tentu sesuatu yang patut dihindari. Dari sisi SEO tentu banyak review, meskipun negatif, ya bagus, karena mendongkrak popularitas. Tapi dari sisi bisnis yang sesungguhnya, sukses SEO bisa jadi sia-sia jika orang tidak mau membeli karena membaca review yang negatif tentang kita atau produk kita. Review negatif tentu harus dilawan, tapi kita harus sangat hati-hati. Meskipun kita sendiri biasanya bisa dengan mudah memberikan tangapan, yang terbaik adalah dengan review positif dari orang lain. Tanggapan dari fihak kita harus terkesan positif, dengan cara yang sopan dan logis. Sesuatu yang terkesan emosional harus dihindari. Kita harus memberikan penjelasan dan penyelesaian atas keluhan yang dikemukakan dan mengundangnya untuk menghubungi kita sehingga kita dapat menyelesaikan masalahnya.
Review yang positif memberikan manfaat yang luar biasa, tapi kita tentu tidak bisa hanya berdiam diri dan menunggu. Kita bisa memancing pera pembeli untuk memberikan review misalnya dengan memberikan insentif. Sebagai contoh kita bisa memberikan diskon khusus untuk pembelian berikutnya jika mereka bisa menunjukkan review yang telah mereka berikan. Konsultan SEO yang profesional akan bisa memberi anda gagasan untuk mengalirkan review positif sehingga kita bisa mendulang manfaat baik dari sisi SEO maupun sisi bisnis.
Banyak perusahaan selain online juga beroperasi secara offline sehingga selain website dengan orientasi pasar global, kita juga perlu memperhatikan kebutuhan lokal.
Ketika kita bicara SEO, website kita juga perlu mencakup keyword lokal. Selain itu kita perlu memperhatikan beberapa strategi SEO off-page untuk mendapatkan manfaat maksimal dari pencarian lokal, termasuk memperhatikan kemungkinan adanya review negatif yang mungkin akan mempengaruhi penjualan kita di pasar lokal meskipun dari sisi ranking cukup baik.
Jadi saat kita bicara pasar lokal dinini, yang dimaksudkan bukan Pasar Kramat Jati di Jakarta, Pasar Klewer di Solo, Pasar Bringharjo di Jogja, atau Pasar Badung di Denpasar. Kita bicara pasar online untuk lingkup lokal, penduduk Indonesia yang membeli produk kita melalui website. Mungkin juga tidak sampai membeli tapi tertarik untuk membeli setelah menemukan website kita – mungkin melalui search engine – kemudian datang ke toko kita dan membeli secara offline.
Tergantung produk yang kita tawarkan, potensi pasar online lokal bisa jadi sangat besar, malah mungkin lebih besar dari pasar global. Karena itu penting untuk memasukan pasar lokal dalam strategi SEO kita. Pemain-pemain online yang sukses umumnya selalu memperhatikan pasar lokal ketika mereka lerancang strategi SEO-nya.
Potensi pencarian lokal terus berkembang. Dulu memang hasil pencarian search engine sama untuk semua belahan dunia, tapi search engine masa kini memahami bahwa bagi orang yang yang tinggal di Inggris, mendapatkan penjual yang berada di Inggris dari hasil pencarian melalui search engine, akan jauh lebih bermanfaat. Karena itu search engine mulai memperbaharui strateginya, sekarang search engine mulai memasukkan lokasi ke dalam algoritma mereka. Search engine cenderung untuk mendahulukan hasil pencarian lokal daripada global. Hal kecil tapi strategis ini penting untuk dicatat, website lokal memiliki kesempatan lebih baik di pasar lokal.
Untuk usaha-usaha dengan fokus lokal, pasar lokal harus didekati daru dua sisi. Yang pertama tentu adalah mendapatkan ranking yang baik pada search engine untuk keyword target kita. Caranya secara garis besar sama dengan teknik SEO pada umumnya. Hal kedua adalah memantau dan mengelola review yang bertebaran di internet, biasanya melalui portal komunitas atau forum.
Review online punya karakteristik tersendiri dimana kebanyakan review lokal ditulis anonim, dan kita tidak pernah tahu kapan dan di website mana review tentang produk kita atau tentang website kita akan muncul. Orang cenderung mempercayai review online ini, dan karena itu review negatif bisa membuat sukses SEO kita sia-sia, jadi kita harus sangat hati-hati dalam memperlakukannya. Tapi ada sisi positifnya, kita bisa dengan mudah memberikan tanggapan dan penjelasan terhadap review yang negatif.
Review yang negatif tentu sesuatu yang patut dihindari. Dari sisi SEO tentu banyak review, meskipun negatif, ya bagus, karena mendongkrak popularitas. Tapi dari sisi bisnis yang sesungguhnya, sukses SEO bisa jadi sia-sia jika orang tidak mau membeli karena membaca review yang negatif tentang kita atau produk kita. Review negatif tentu harus dilawan, tapi kita harus sangat hati-hati. Meskipun kita sendiri biasanya bisa dengan mudah memberikan tangapan, yang terbaik adalah dengan review positif dari orang lain. Tanggapan dari fihak kita harus terkesan positif, dengan cara yang sopan dan logis. Sesuatu yang terkesan emosional harus dihindari. Kita harus memberikan penjelasan dan penyelesaian atas keluhan yang dikemukakan dan mengundangnya untuk menghubungi kita sehingga kita dapat menyelesaikan masalahnya.
Review yang positif memberikan manfaat yang luar biasa, tapi kita tentu tidak bisa hanya berdiam diri dan menunggu. Kita bisa memancing pera pembeli untuk memberikan review misalnya dengan memberikan insentif. Sebagai contoh kita bisa memberikan diskon khusus untuk pembelian berikutnya jika mereka bisa menunjukkan review yang telah mereka berikan. Konsultan SEO yang profesional akan bisa memberi anda gagasan untuk mengalirkan review positif sehingga kita bisa mendulang manfaat baik dari sisi SEO maupun sisi bisnis.
No comments:
Post a Comment