Home Daftar Isi

Link dan Kegunaanya

Apakah yang dimaksudkan dengan link? Saya yakin bahwa sebagian besar pengguna internet pasti sudah
tahu dan mengerti apa yang dimaksud dengan istilah tersebut.
Apalagi sobat adalah seorang master blogger, sudah diluar kepala dan mendarah daging malahan. Karenanya saya minta izin ya para master blogger buat meneruskan postingan ini, hitung-hitung mengajak sobat-sobat yang sudah pada master semua untuk sekedar mengenang kembali saat awal ketika sobat-sobat terjun dalam dunia blog. Walaupun sobat blogger sudah pada tahu semua namun bagaimana dengan sobat-sobat yang masih tergolong baru dalam dunia blog alias masih belajar seperti aku? link, menurutku adalah sama saja dengan url/alamat sebuah website (benarkah?) yang sengaja diletakan dalam sebuah website dan bilamana link tersebut dipilih/diklik maka akan membawa kita pada sebuah alamat website yang Bla..bla..kebanyakan ngomong……….

Langsung saja, link menurut Wikipedia adalah Pranala, pautan atau link (juga hyperlink) adalah sebuah acuan dalam dokumen hiperteks (hypertext) ke dokumen yang lain atau sumber lain. Seperti halnya suatu kutipan di dalam literatur. Dikombinasikan dengan sebuah jaringan data dan sesuai dengan protokol akses, sebuah komputer dapat diminta untuk memperoleh sumber yang direferensikan. Haaa…haaa…ha…. (Mbah Surip) makasih ya Wikipedia.

Sudah paham semua? (Just For Newbie), Siiip dah.. kalau sudah paham semua. Sekarang muncul pertanyaan, bagaimanakah cara membuat sebuah link dan berbagai macam variasinya dalam sebuah web/blog? Berikut beberapa contoh cara membuatlinkyang aku ambil dari pengalamanku sejak pertama kali aku ngeblog + hasil dari baca-baca saat blog walking di blog-blog sahabat.

KEGUNAAN LINK EXCHANGE
Kegunaan link sebenarnya adalah bertukar traffic / pengunjung atau saling menaruh link satu sama lain atau istilah tukar link . Namanya saja sudah tukar link , tentu saja sudah pasti bertukar link kan ?

Keuntungannya begini , misal kita gak punya duit buat pasang iklan di blog blog ternama , pakai tukar linkmalah gratis (free) iya kan ? Tentunya kita juga bayar dia dengan memasang linknya juga ke blog kita .Cara tukar link , anda pergi ke alamat blog lain atau blog ini juga menyediakan tukar link , NAMUN jangan mencari blog yang menyediakan tukar link , tapi link kita di sembunyikan di new tab , kita harus mencari menyedia link yang ditaruh di side kanan atau kiri seperti blog ini . Kenapa ? karena rata rata pengunjung malas mengeklik itu . Jadi usahakan mencari tukar link yang berkualitas dan anda sendiri juga harus begitu , menaruh link orang di side kanan .

Apa kerugian dari tukar link ? Nah ada juga kerugiannya , yaitu membuat blog kita semakin berat dengan adanya link orang di blog kita . terutama menggunakan kode html ataupun blogroll . Itu rata rata menambah 10-25 kb (tergantung jumlah linknya) , yang membuat pengunjung blog kita kabur dari blogspot kita .

Wajib gak sih tukar link itu ? Tergantung keadaan blog anda , misal rank anda diatas 2 juta , ya itu sangat butuh dengan tukar link , apalagi bertukar link dengan rank rank ternama seperti : falconboy003.blogspot.com , indracare.blogspot.com , narutobux.info , dll.

yang mana sih data tukar link yang berat ? Link atau Banner ? Jawaban dari saya Banner , karena banner mengandung flash data , atau diatas 5kb jadi semakin berat .

kalau ada yang pengen tukeran link sama saya silahkan copy and paste data di bawah ini

Sejauh ini, bertukaran link sesama blogger masih di percayai sebagai jalur untuk mningkatkan pengunjung blog dan meningkatkan traffic dan page rank. Seperti begitu banyak hadirnya situs yang menyediakan fasilitas submit link, link directory dan link excange.

Jadi sebagai blogger baru yang masih newbie tak ada salahnya mencoba dan berusaha untuk dapat bertukaran link dengan blog blogger lain. Apalagi bisa bertukaran link dengan blog yang pagerank di atas satu, dua, dan seterusnya.

Biasanya tukeran link juga sebagai media dalam ber silaturahmi antara Blogger, meski selain itu ada tujuan tersendiri dari para Blogger tersebut. Begitu banyak cara untuk meninggalkan link, mulai dari berkomentar, salam kenal, sekedar mampir dan mengisi shoutbox, sampai tukeran link di blogroll atau halaman khusus yang di sediakan untuk kumpulan link.

Dalam tukeran link, juga mempunyai etika-etika tertentu yang di buat oleh pelaku dalam pertukaran link itu sendiri. Misalnya dengan cara berkomentar dulu, menyapa, dan sebagainya. Bahkan juga ada blogger yang membuat persyaratan tertentu dalam pertukaran link dengan mereka. Ada syarat yang mudah bahkan ada yang meminta bayaran untuk tukeran link terebut.
Jadi sebagai blogger newbie ( termasuk saya tentunya ) mesti pandai-pandai dalam mencari tempat untuk tukeran link. 

Share On:

Artikel Terkait ,

1 comment:

  1. thanks info menariknya gan...sangat bermanfaat bagi say blogger pemula....

    salam kenal gan,,,,

    http://hkata-kata.blogspot.com/2013/02/kata-kata-cinta.html

    ReplyDelete