Home Daftar Isi

Kisah Sedih SEO

Secara umum industri SEO terus berkembang dan semakin kredibel. Kebanyakan perusahaan penyedia jasa SEO menunjukan kemampuan yang jauh lebih baik. Meskipun demikian kita tidak bisa menutup mata dari kenyataan banyaknya orang yang mengaku-ngaku ahli SEO atau perusahaan penyedia jasa SEO yang pengetahuannya tidak lebih dari sekedar menulis tag <title>.
Lebih para malah, sekedar menulis tag <title> dia tau, tapi belum tentu bisa menulis menyusun tag <title> yang tepat untuk situasi yang dihadapi website tertentu.

Konsultan SEO yang serius umumnya melakukan beberapa hal di bawah ini dengan cukup baik:
  • Menganalisa peta persaingan yang kemudian dijadikan salah satu dasar dalam melaksanakan riset keyword. 
  • Menganalisa website secara menyeluruh dan membersihkan masalah-masalah yang bisa menghambat SEO. 
  • Melaksanakan riset keyword yang tidak hanya difokuskan pada mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya tapi lebih pada konversi kunjungan menjadi pembelian.

Tetapi bagaimanapun hebatnya konsultan SEO, menjual jasa layanan SEO kepada perusahaan bukan perkara mudah, terutama jika mereka yang bertanggung jawab dalam hal marketing di perusahaan prospek tidak begitu mamahaminya. Keadaan akan lebih parah jika perusahaan prospek memiliki pengalaman buruk dengan konsultan SEO sebelumnya. Mungkin mereka pernah menyewa yang murah dat ternyata tidak menghasilkan apa-apa, atau menyewa yang mahal dan benar-benar melaksanakan semua yang mereka janjikan, tetapi tidak menghasilkan ranking yang diharapkan.

Situasinya seperti pria baik yang memacari seorang gadis yang baru saja disakiti pacar sebelumnya. Sebaik dan sesetia apapun si pria, si gadis tetap saja susah untuk mempercayainya.

Biar fair untuk kedua sisi, pengalaman buruk dalam hal SEO sering juga diakibatkan kesalahan client itu sendiri, bukan konsultannya. Kadang-kadang client tidak dengan sungguh-sungguh melaksanakan apa yang direkomendasikan konsultan SEO yang disewanya. Sering kali perusahaan tidak mengalokasikan cukup sumber daya untuk melaksanakan �tugas� SEO yang direkomendasikan konsultannya.

Konsultan SEO yang baik akan memeritahu anda bahwa SEO adalah kombinasi seni dan ilmu pengetahuan. Kemampuan kita akan terasah jika kita terus-menerus melaksanakan aktivitas SEO, berulang-ulang, terus menerus. Kita perlu banyak membaca, tapi kita memerlukan praktek bahkan lebih banyak dari membaca. Kita melakukan uji coba, memonitor hasilnya, dan menentukan apa yang perlu diubah, diperbaiki, disempurnakan, dicoba lagi, dimonitor lagi hasilnya, demikian terus menerus.

Sebagian konsultan SEO mungkin lebih banyak mendatangkan masalah daripada manfaat. Diperkukan kehati-hatian ekstra jika kita memutuskan untuk menyewa konsultan SEO. Sering perusahaan pembuat website menawarkan jasa SEO, meskipun sebetulnya mereka hanya berpengalaman dalam web development. Ada juga mereka yang menawarkan jasa konsultasi SEO setelah membaca beberapa artikel tentang SEO. Selama ada kebutuhan, akan tetap banyak orang yang berusaha memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan, memanfaatkan ketidaktahuan anda untuk menjual ketidaktahuan mereka sendiri.

Jadi sebelum anda bertemu dengan konsultan SEO yang mungkin anda sewa, sebaiknya bekali diri anda sendiri dengan pengetahuan yang benar dan cukup tentang SEO. Makin banyak anda tahu, makin kecil anda menjadi korban. Berbicara soal uang, masih mending kalau anda membuang uang tanpa mendapatkan hasil apa-apa, dalam hal SEO bisa jadi anda malah membuang uang untuk hal yang justru merusak.

Saking banyaknya kisah buruk soal SEO, sebuah perusahaan bahkan menyelenggarakan kontes dalam menyambut hari Halloween. Jika anda berminat ikut serta, silahkan kunjungi SEOHorrorStory.com.

Share On:

Artikel Terkait ,

No comments:

Post a Comment