Author: SEO Bali
Berapa sering anda mendengar para praktisi, konsultan, atau pakar SEO menyarankan anda untuk mencari
keyword yang tidak terlalu kompetitif. Dengan menjual teori niche marketing, long-tail strategy, dan lain-lain, mereka menyarankan anda untuk merunduk, menjadi pecundang yang tidak berani bertempur di medan yang keras.
Jangan membiarkan diri anda terus menjadi pecundang hanya karena malas bekerja keras dan tidak sanggup bekerja cerdas. Untuk mereka yang bekerja keras dan cerdas, peluang untuk melesat ke papan atas untuk keyword yang kompetitif masih terbuka lebar, mengalirkan luapan traffic yang sebagian terkonversi menjadi penjualan.
Ingatlah prinsip dasar search engine. Mereka terus bekerja keras mengembangkan sistem untuk memberikan para penggunanya hasil pencarian yang terbaik, sumber informasi yang relevan dengan keyword yang mereka umpankan. Jadi faktor terpenting jika anda ingin website anda diangap sebagai sumber informasi yang relevan adalah on-page optimization. Faktor-faktor penunjang on-page optimization diantaranya urutan URL, title, konten, dan teknik pemrograman.
Sekarang mari kita bicara sedikit mengenai langkah-langkah sederhana yang ampuh untuk mengalirkan “link-juice” ke halaman-halaman tertentu di dalam website kita. Teknik seperti ini efektif untuk menembus papan atas search engine untuk keyword kompetitif dan mengalirkan traffic berkualitas dalam jumlah besar.
1. Pilihlah keyword impian anda.
Pergunkan keyword research tool untuk membuat daftar keyword yang komprehensif, kemudian pilihlah sedikitnya 5 keyword yang dapat mengalirkan traffic dalam jumlah besar ke website anda. Jangan ragu-ragu, jangan malu-malu. Pilihlah keyword yang paling berpotensi mengalirkan traffic yang besar, meskipun kompetisinya sangat keras.
Sebagai contoh, misalnya anda mengelola website travel agent yang menjual “bali holiday”. Urutan keyword yang anda pilih mungkin sebagai berikut:
bali accommodation
bali travel
bali hotel
bali holiday package
bali holiday deals
2. Sebar keyword tersebut di dalam website.
Pastikan bahwa keyword-keyword di atas tersebar di banyak halaman di di dalam website anda. Di bagian deskripsi produk, di bagian berita, di bagian blog dan sebagainya. Jangan asal sebar. Konten halaman dimana keyword-keyword tersebut ditempatkan harus relevan dengan dengan keyword ybs. Pastikan anda melakukan on page optimization dengan optimal.
3. Buat satu “landing page” untuk masing-masing keyword tadi di website anda.
Landing page adalah halaman khusus yang dibuat untuk membantu mereka yang melakukan pencarian. Mereka akan langsung mendapatkan bagian dari website anda yang relevan dengan apa yang mereka cari. Jika mereka mencari “bali accommodation”, mereka akan lebih terbantu jika mereka langsung menemukan halaman yang berisi akomodasi di Bali daripada homepage yang memuat berbagai produk-produk lain juga.
Biasanya posting blog tidak cukup untuk kebutuhan ini. Buatlah halaman khusus dengan konten yang secara spesifik relevan dan memuat produk-produk yang relevan pula.
4. Buat Internal Linkback
Dari semua keyword yang tersebar di dalam website anda (lihat langkah no. 2) buatlah link menuju landing page yang disiapkan khusus untuk keyword tersebut. Landing page akan berfungsi sebagai titik pusat strategi keyword yang anda lakukan.
5. Perkaya Linkback
Sekarang waktunya memperbesar variasi link back yang anda buat dengan keyword-keyword tambahan yang juga relevan. Untuk yang satu ini, anda tidak perlu membuat landing page baru. Yang anda harus lakukan adalah mencari keyword-keyword lain yang relevan dengan keyword utama yang anda buatkan landing page.
Buatlah konten yang relevan dengan keyword-keyword tambahan yang sudah anda tentukan. Buatlah link dengan keyword tambahan itu sebagai anchor text menuju landing page yang terkait.
Supaya anda tidak salah pilih menentukan keyword tambahan yang relevan dengan masing-masing keyword, anda bisa bertanya langsung pada fihak yang berwenang menentukan apakan keyword-keyword itu dianggap relevan atau tidak. Siapa lagi kalau bukan Google. Karena meskipun segenap hati dan perasaan kita menganggap relevan, kalau Google mengatakan tidak, ya apalah artinya. Google berkuasa
Berapa sering anda mendengar para praktisi, konsultan, atau pakar SEO menyarankan anda untuk mencari
keyword yang tidak terlalu kompetitif. Dengan menjual teori niche marketing, long-tail strategy, dan lain-lain, mereka menyarankan anda untuk merunduk, menjadi pecundang yang tidak berani bertempur di medan yang keras.
Jangan membiarkan diri anda terus menjadi pecundang hanya karena malas bekerja keras dan tidak sanggup bekerja cerdas. Untuk mereka yang bekerja keras dan cerdas, peluang untuk melesat ke papan atas untuk keyword yang kompetitif masih terbuka lebar, mengalirkan luapan traffic yang sebagian terkonversi menjadi penjualan.
Ingatlah prinsip dasar search engine. Mereka terus bekerja keras mengembangkan sistem untuk memberikan para penggunanya hasil pencarian yang terbaik, sumber informasi yang relevan dengan keyword yang mereka umpankan. Jadi faktor terpenting jika anda ingin website anda diangap sebagai sumber informasi yang relevan adalah on-page optimization. Faktor-faktor penunjang on-page optimization diantaranya urutan URL, title, konten, dan teknik pemrograman.
Sekarang mari kita bicara sedikit mengenai langkah-langkah sederhana yang ampuh untuk mengalirkan “link-juice” ke halaman-halaman tertentu di dalam website kita. Teknik seperti ini efektif untuk menembus papan atas search engine untuk keyword kompetitif dan mengalirkan traffic berkualitas dalam jumlah besar.
1. Pilihlah keyword impian anda.
Pergunkan keyword research tool untuk membuat daftar keyword yang komprehensif, kemudian pilihlah sedikitnya 5 keyword yang dapat mengalirkan traffic dalam jumlah besar ke website anda. Jangan ragu-ragu, jangan malu-malu. Pilihlah keyword yang paling berpotensi mengalirkan traffic yang besar, meskipun kompetisinya sangat keras.
Sebagai contoh, misalnya anda mengelola website travel agent yang menjual “bali holiday”. Urutan keyword yang anda pilih mungkin sebagai berikut:
bali accommodation
bali travel
bali hotel
bali holiday package
bali holiday deals
2. Sebar keyword tersebut di dalam website.
Pastikan bahwa keyword-keyword di atas tersebar di banyak halaman di di dalam website anda. Di bagian deskripsi produk, di bagian berita, di bagian blog dan sebagainya. Jangan asal sebar. Konten halaman dimana keyword-keyword tersebut ditempatkan harus relevan dengan dengan keyword ybs. Pastikan anda melakukan on page optimization dengan optimal.
3. Buat satu “landing page” untuk masing-masing keyword tadi di website anda.
Landing page adalah halaman khusus yang dibuat untuk membantu mereka yang melakukan pencarian. Mereka akan langsung mendapatkan bagian dari website anda yang relevan dengan apa yang mereka cari. Jika mereka mencari “bali accommodation”, mereka akan lebih terbantu jika mereka langsung menemukan halaman yang berisi akomodasi di Bali daripada homepage yang memuat berbagai produk-produk lain juga.
Biasanya posting blog tidak cukup untuk kebutuhan ini. Buatlah halaman khusus dengan konten yang secara spesifik relevan dan memuat produk-produk yang relevan pula.
4. Buat Internal Linkback
Dari semua keyword yang tersebar di dalam website anda (lihat langkah no. 2) buatlah link menuju landing page yang disiapkan khusus untuk keyword tersebut. Landing page akan berfungsi sebagai titik pusat strategi keyword yang anda lakukan.
5. Perkaya Linkback
Sekarang waktunya memperbesar variasi link back yang anda buat dengan keyword-keyword tambahan yang juga relevan. Untuk yang satu ini, anda tidak perlu membuat landing page baru. Yang anda harus lakukan adalah mencari keyword-keyword lain yang relevan dengan keyword utama yang anda buatkan landing page.
Buatlah konten yang relevan dengan keyword-keyword tambahan yang sudah anda tentukan. Buatlah link dengan keyword tambahan itu sebagai anchor text menuju landing page yang terkait.
Supaya anda tidak salah pilih menentukan keyword tambahan yang relevan dengan masing-masing keyword, anda bisa bertanya langsung pada fihak yang berwenang menentukan apakan keyword-keyword itu dianggap relevan atau tidak. Siapa lagi kalau bukan Google. Karena meskipun segenap hati dan perasaan kita menganggap relevan, kalau Google mengatakan tidak, ya apalah artinya. Google berkuasa
No comments:
Post a Comment