Home Daftar Isi

SEO Indonesia Memalukan

Pemain SEO tentu familiar dengan nama Matt Cutts. Di kalangan pemerhati SEO, meskipun posisi resminya adalah Head of Webspam Team, sosok satu ini hampir identik dengan Google itu sendiri, malah mungkin lebih dari Larry Pages dan Sergey Brinn si duo pemilik atau Eric Schimdt si bos besar. Matt Cutts seperti nara sumber tidak resmi Google untuk komunitas SEO dunia, berbiara di berbagai forum, berbicara untuk para jurnalis, menulis kolom, blog, dll.

Posting ini bukan untuk memperkenalkan siapa itu Matt Cutts. Tapi ada sesuatu yang menarik, menggelikan, sekaligus menyedihkan. Banyak dari kita tau hebatnya pakar-pakar dan praktisi-praktisi Indonesia, terbukti sampai bisa memenangkan kompetisi SEO kelas dunia. Tapi sepertinya pengetahuan itu tidak terdistribusi dengan baik. Apakah para pakar ini evangelis individual yang malas berbagi, atau justru para pemula yang malas belajar, mungkin seperti pertanyaan siapa ada duluan antara telor ato ayam.

Ketika kita sangat bangga karena KEBETULAN Barrack Obama PERNAH tinggal di kawasan kumuh Jakarta, sering menyebut-nyebut Indonesia dalam berbagai forum, malah memamerkan kemampuannya berbahasa Indonesia dalam berbagai kesempatan, Matt Cutts – saya yakin secara tidak sengaja – memunculkan Indonesia dalam sebuah presentasi yang dia bawakan beberapa waktu yang lalu.

Dalam acara WorldCamp 2009, tanggal 30 Mei 2009, Matt Cutts menampilkan presentasi berjudul Straight from Google: What You Need to Know. Acara yang dimotori WordPress ini konon dihadiri 700 orang dari 32 negara. Berbagai macam issue dia bahas dari kaca mata Google, termasuk blogging, keyword, pagerank, sampai Google webmaster tools dan FeedBurner.

Pada bahasan mengenai keyword, dia memberikan contoh penggunaan keyword yang buruk dalam slidenya seperti gambar di samping ini. Yah … setidaknya pemilik website itu sekarang dikenal oleh 700 peserta, dan jauh lebih banyak lagi orang yang menyaksikannya melalui video, podcast, dan lain-lain. Tapi kayaknya bukan cara yang baik untuk menjadi terkenal. Kalo kekecilan, click gambarnya, dan Mak Erot akan membantu anda memperbesar.

Kayaknya teman-teman, bapak-bapak, ibu-ibu para pakar dan praktisi SEO, cobalah berbagi, dengan menulis blog, kolom, melalui seminar, workshop, apapun medianya. Buat keahlian ini lebih mudah dikuasi sodara-sodara sebangsa dan setanah air. Daripada ngebom, saya kira ini cara yang jauh lebih baik bagi kita untuk menghadapi arus kapitalisme global. Sejauh ini yang saya lihat seperti kata pepatah “yang tau nggak bicara, yang banyak bicara (benernya) nggak tau apa-apa”.

No related posts.

Related posts brought to you by Yet Another Related Posts Plugin.

Share On:

Artikel Terkait ,

1 comment:

  1. Walah... Indonesia terkenal dong tukang SPAM. Masih ada lho jasa SEO yang menerapkan cara-cara seperti ini, saya ga ngerti apakah si penyedia jasa SEO ga update informasi atau emang ga perduli.

    ReplyDelete